Ridwan Kamil: Warga Papua di Jabar Saling Menjaga Kesatuan

Ridwan Kamil: Warga Papua di Jabar Saling Menjaga Kesatuan
Ridwan Kamil. Foto: SAMSUL HUDA/RADAR CIREBON/dok.JPNN.com

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengajak seluruh warga Papua yang tinggal di Provinsi Jabar untuk senantiasa menjaga kekompokan dan kesatuan di tengah keberagamaan yang ada.

"Saya ingin tegaskan di sini bahwa Jawa Barat bagian dari Indonesia, termasuk Papua. Kita harus saling menjaga kekompakan dan kesatuan. Dan hal yang lain-lain bisa dibicarakan dan didiskusikan," ujar Emil -panggilan Ridwan Kamil, Senin (19/8).

Emil mengatakan, dinamika yang melibatkan warga Papua di berbagai daerah tak akan terjadi di provinsi yang dia pimpin.

Orang nomor satu di Provinsi Jawa Barat ini optimistis warganya, termasuk warga Papua di Jawa barat bisa menyikapi sebuah persoalan ini dengan dewasa dan senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan.

"Kalau warga Jabar mah, sejauh ini, alhamdulillah selalu mengedepankan dialog. Segala sesuatunya bisa didiskusikan," kata dia.

BACA JUGA: Cerita Ridwan Kamil soal Berita Hoaks Ada Longsor di Garut

Emil menyatakan pihaknya sangat terbuka dan melindungi keberadaan warga Papua di Jabar dan ini menunjukkan sikap sebagai tuan rumah yang baik.

"Waktu dulu, pas saya jadi Wali Kota Bandung, saya mengajak warga Papua piknik satu bus ke Pangandaran, menginap main bola. Itu menandakan kita ingin maju sama-sama," kata dia.

Emil percaya dinamika yang melibatkan warga Papua di berbagai daerah tak akan terjadi di provinsi yang dia pimpin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News