Ritual Beborsih Banua Tandai Operasi Pencarian AirAsia Disudahi

Ritual Beborsih Banua Tandai Operasi Pencarian AirAsia Disudahi
Ritual Beborsih Banua Tandai Operasi Pencarian AirAsia Disudahi

jpnn.com - PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat akan menggelar upacara penutupan operasi pencarian korban AirAsia di halaman kantor Bupati Kobar 15 April mendatang. Selain itu, juga ada ritual Beborsih Banua pada 17 April nanti. Dua kegiatan tersebut dibahas dalam rapat antara Bupati Kobar Ujang Iskandar, kepala SKPD, dan tokoh masyarakat di kantor bupati, Selasa (17/3).

Ujang Iskandar mengatakan, rapat ini merupakan pemantapan untuk penutupan evakuasi secara menyeluruh, baik dari pusat hingga daerah. Penutupan juga dirangkai dengan tabur bunga.

”Persiapan ini sangat penting mengingat banyak hal yang harus didiskusikan,” kata Bupati Kobar dua periode ini.

Proses pencarian korban dilakukan sejak akhir tahun 2014 hingga kemarin. Pangkalan Bun dijadikan posko utama untuk pencarian korban, sehingga pemkab perlu mempersiapkan penutupan secara resmi. Bahkan, kata Ujang, penutupan bakal dihadiri oleh sejumlah menteri.

”Yang sudah bersedia hadir Kepala Basarnas. Menteri yang lain bakal kita coba hubungi,” ujarnya.

Acara penutupan bakal melibatkan tokoh agama dan tokoh masyarakat. Selain upacara, pemkab juga melaksanakan bersih kampung sebagai upaya memohon kepada Yang Maha Kuasa agar selalu dilindungi dan dijauhkan dari bala bencana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion menambahkan, rapat ini merupakan rapat pemantapan sekaligus pembentukan panitia.

”Sebelumnya telah dilaksanakan rapat di kantor BPBD Kobar, dan berdasarkan hasil rapat tadi diputuskan bahwa kegiatan penutupan operasi SAR di Kobar akan dikemas dalam dua kegiatan,” ungkap Hermon.(rin/yit/jpnn)


PANGKALAN BUN – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat akan menggelar upacara penutupan operasi pencarian korban AirAsia di halaman kantor


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News