Rizal Anggap Wajar Tuntutan Parade Nusantara

Rizal Anggap Wajar Tuntutan Parade Nusantara
Rizal Anggap Wajar Tuntutan Parade Nusantara
JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara, Rizal Ramli menegaskan, aksi Parade Nusantara hari ini hanya contoh dari sebagian kecil kekecewaan rakyat terhadap pemerintahan sekarang. Tuntutan mereka antara lain mengalokasikan anggaran 10 persen untuk tiap desa, menurut Rizal adalah hal yang wajar.

"Pasalnya, selama ini para Kepala Desa dan perangkat desa hanya dibebani berbagai kewajiban tanpa ada kewenangan dan dukungan pendanaan. Ini jelas tidak fair," kata Rizal Ramli, di Jakarta, Kamis (12/1), menyikapi aksi demo Parade Nusantara yang kini tengah berlangsung di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Idealnya, lanjut mantan Menko Perekonmian itu, Kades harus memiliki kewenangan dan dukungan keuangan. Dengan begitu mereka bisa memiliki sumber daya untuk membangun desa dan mensejahterakan rakyatnya.

Saat ini anggaran desa hanya sekitar 1,3 persen dari APBN. Jumlah ini jauh dari cukup. Akibatnya, imbuh Rizal, pembangunan desa seperti jalan di tempat yang menyebabkan urbanisasi pun tak bisa dihindari dengan segala masalah sosialnya.

JAKARTA - Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara, Rizal Ramli menegaskan, aksi Parade Nusantara hari ini hanya contoh dari sebagian kecil kekecewaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News