Minggu, 21 April 2019 – 13:18 WIB

Rizal Mallarangeng Kritik Akal Sehat Rocky Gerung

Selasa, 12 Februari 2019 – 13:57 WIB
Rizal Mallarangeng Kritik Akal Sehat Rocky Gerung - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Relawan Golkar Jokowi (Gojo) Rizal Mallarangeng mengkritik akademisi Rocky Gerung lewat tulisannya berjudul ‘Rocky Gerung, Kembang, dan Bowoisme.”

Tulisan yang dimuat di Qureta.com itu rupanya viral di media sosial. Belum sampai 24 jam, artikel itu dilihat lebih 60 ribu viewers dan lebih 15 ribu share.

Rizal pun mengungkapkan alasannya mengkritik Rocky Gerung, akademisi yang dikenal dengan jargon ‘akal sehat’ itu melalui tulisan.

“Kenapa saya kritik dia dengan tulisan? Untuk mengingatkan dia, dan juga, kaum intelektual tidak dinilai dari omongannya tapi dari tulisannya. Kalau perdebatan secara tertulis, pendapat jadi lebih sistematis dan mendalam," kata Rizal Mallarangeng dalam siaran tertulisnya, Selasa (12/2).

Dalam tulisannya, Rizal menilai Rocky Gerung tidak berimbang dalam menyajikan fakta-fakta tentang capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

"Ada keberpihakan, Rocky condong ke Prabowo dan berbagai uraiannya sudah menjadi semacam mono-kritik terhadap Jokowi," kata Rizal yang mengaku bersahabat dengan Rocky Gerung sejak tahun 1980-an.

Seharusnya, kata Rizal, akademisi yang menjadikan akal sehat sebagai konsep perjuangan harus menimbang fakta dan argumen, serta mengarahkan 'pedangnya' kepada semua pihak di ruang publik tanpa terkecuali. "Penguasa bisa benar bisa salah, demikian pula kaum oposisi," ujarnya.

Dia juga menambahkan, seharusnya Rocky tidak membedakan Prabowo dan Jokowi, atau berlindung di balik argumen bahwa seorang akademisi harus selalu mengkritik kekuasaan.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar