Rizal Ramli: Dasar Ratu Utang!

Rizal Ramli: Dasar Ratu Utang!
Rizal Ramli. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengkritik kebijakan pemerintah yang disebut kembali meminjam uang ke International Monetary Fund (IMF) atau dana moneter internasional.

Kritikan dikemukakan sehari setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan langkah mitigasi yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat, menghadapi dampak ekonomi akibat wabah virus corona, COVID-19.

Di antaranya, bantuan tambahan uang Rp 50 ribu bagi para penerima kartu sembako, sehingga menerima Rp 200 ribu per keluarga. Pemerintah sudah menggelontorkan anggaran Rp 4,5 triliun untuk penambahan anggaran.

Dalam kritikannya, menteri keuangan era Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid ini malah menuding seseorang sebagai pramuniaga IMF.

Sayangnya, RR -panggilan karib Rizal Ramli- tidak secara spesifik menyebut siapa orang yang dimaksud.

Namun, dari kicauannya orang yang dimaksud kemungkinan berjenis kelamin wanita. Karena menggunakan istilah sales promotion girl (SPG).

"Aji mumpung, pinjem lagi IMF. Dasar SPG IMF, lho bukan situ yg jual angin sorga bisa narik Rp11.000 trilliun dari luar negeri ?@jokowi," kicau akun Twitter @RamliRizal, Rabu (25/3).

Pada bagian, Rizal bahkan menyebut orang yang dimaksud sebagai ratu utang. Namun, Rizal Ramli tetap tidak menyebut secara spesifik orang yang dimaksud.

Ekonom Rizal Ramli kembali menyampaikan kalimat keras, kali ini terkait pemerintah yang disebut kembali utang ke IMF, menyindir dengan istilah Ratu Utang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News