Roadshow LTTMF 2.0 Kolaborasikan Komposer dan Pemusik Tradisi

Roadshow LTTMF 2.0 Kolaborasikan Komposer dan Pemusik Tradisi
Roadshow LTTMF 2.0 Kolaborasikan Komposer dan Pemusik Tradisi. Foto: dok. Rumah Karya Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Roadshow Lake Toba Traditional Music Festival (LTTMF) 2.0 yang diselenggarakan di Kabupaten Dairi, mengolaborasikan komposer dengan pemusik tradisi Pakpak dari sanggar sekitar.

Ojax Manalu, Direktur Rumah Karya Indonesia mengatakan komposer mengajak anak-anak muda dan seniman di daerah roadshow untuk menciptakan repetoar musik tradisi.

"Tanpa menghilangkan esensi festival, yakni menyampaikan edukasi tentang geopark Kaldera Toba melalui musik tradisi," kata Ojax Manalu, dalam keterangan tertulis, Selasa (22/5).

Ojax mengungkapkan bahwa LTTMF 2.0 merupakan rangkaian acara dari Festival Musik Tradisional Indonesia.

"Festival ini sebagai momen memperkenalkan musik tradisi yang ada di Danau Toba untuk didengar masyarakat yang lebih luas," ujarnya.

Ojax menyebutkan bahwa akan dilakukan 2 kali roadshow sebelum acara puncak LTTMF di Kecamatan Tampahan pada Agustus nanti.

Adapun roadshow pertama dilakukan di Dairi, dan yang kedua di Taman Mejuah-juah Karo pada 3-4 Juni mendatang.

LTTMF merupakan bagian dari Festival Musik Tradisi yang digagas Direktorat Perfilman, Musik dan Media Kemedikbudristek dalam membangun ekosistem musik tradisi di Kawasan Danau Toba yang menjadi Destinasi Superprioritas.

Roadshow pertama LTTMF 2.0 mengolaborasikan komposer dengan pemusik tradisi Pakpak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News