Robot Kucing Bisa Segesit Manusia

Robot Kucing Bisa Segesit Manusia
Robot kucing bernama Cheetah Cub buatan EPFL University di Lausanne, Swiss. Foto: AFP
JENEWA - Para ilmuwan di Universitas EPFL di Swiss berhasil mengembangkan sebuah robot berkaki empat yang mampu berjalan layaknya kucing dan memiliki kecepatan tinggi. Robot bernama "Cheetah Cub" itu diciptakan sebagai upaya dalam rangka membuat jenis robot  terbaru yang akan digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

"Kecepatan (Cheetah Cub, red) adalah kemampuan yang dimiliki seorang manusia dewasa," ucap Alexander Sprowitz, seorang peneliti di Universitas EPFL seperti dikutip AFP, Senin (18/6).

Robot Cheetah Cub berhasil mencatat kecepatan maksimum 1,42 meter (4,65 kaki) per detik, atau hampir setara dengan 5,1 kilometer (3,1 mil) per jam. Menurutnya, Cheetah Cub merupakan robot tercepat di kelasnya. Bobotnya pun di bawah 30 kiligram.

Cheetah Cub dibalut dengan bingkai metalik setebal 20,5 cm, panjang dan 16 cm tinggi dan berat 1,1 kilogram. Robot yang ditampilkan pada ajang International Journal of Robotics Research, Senin (17/6) ini hanya memiliki ekor tanpa kepala, namun mudah dikenali sebagai sebuah robot model kucing karena kiprahnya.

JENEWA - Para ilmuwan di Universitas EPFL di Swiss berhasil mengembangkan sebuah robot berkaki empat yang mampu berjalan layaknya kucing dan memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News