Rossa Iri Lihat Perkembangan Musik di Korea Selatan, Ini Alasannya

Rossa Iri Lihat Perkembangan Musik di Korea Selatan, Ini Alasannya
Penyanyi Rossa. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Penyanyi Rossa mengaku banyak mendapat pelajaran dari musikus Korea Selatan, dalam hal etos kerja di bidang musik.

Pelantun Hati yang Kau Sakiti ini mengatakan bahwa para musikus Korea Selatan, sangat disiplin dalam bekerja.

"Jujur ya menurut aku, kalau aku belajar dari mereka yang paling hebat adalah cara kerja yang berbeda dengan kita," kata Rossa, dalam jumpa pers vitual, Kamis (17/12).

Diketahui, Rossa sempat berkolaborasi dalam video musik dan lagu dengan SM Entertainment. Salah satunya merilis lagu Hati yang Kau Sakiti versi Korea.

Menurut Rossa, industri musik Korea Selatan bisa berkembang pesat seperti sekarang juga karena adanya sinergi antar banyak pihak seperti musisi, label musik, hingga pemerintah yang mendukung penuh kemajuan industri musiknya.

"Kenapa mereka bisa kuat sekali karena artisnya semua disiplin, terus labelnya juga disiplin, pemerintahnya juga amat sangat mendukung bagaimana mereka untuk memasarkan diri di luar Korea," ujar Rossa.

Hal lain yang bisa dipelajari dari industri musik di Korea, lanjut Rossa, masyarakat di sana sangat menghargai karya dalam negerinya sendiri.

"Yang paling hebat itu mereka amat sangat menghargai musik sendiri. Korea merajai industri musiknya sendiri. Di Korea itu kayak misalnya daging asal Korea itu lebih mahal dari import. Itu berarti mereka amat sangat menghargai apa yang mereka miliki. Itu yang bisa kita pelajari," jelasnya.

Rossa mengaku banyak mendapat pelajaran dari musikus Korea Selatan, dalam hal etos kerja di bidang musik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News