Rotasi Guru di Zona Masing - Masing

Rotasi Guru di Zona Masing - Masing
Guru dan siswa. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mendikbud Muhadjir Effendy menjelaskan, penerapan PPDB sistem zonasi segera diikuti redistribusi atau rotasi guru besar- besaran. Intinya, konsep zonasi akan diterapkan di segala aspek pendidikan. Mulai dari indentifikasi masalah, evaluasi kinerja, dan juga pelatihan guru.

"Jadi PPDB ini menjadi awal untuk memperbaiki sistem yang salah selama ini. Guru tidak bisa hanya ngajar di satu sekolah," terangnya.

Menteri 62 tahun itu mendorong agar pemerintah daerah berani merotasi para gurunya. Para guru akan didistribusikan ke sekolah-sekolah yang berbeda di dalam zonanya masing-masing.

Dengan demikian setiap sekolah akan memiliki guru-guru yang kompetensinya berimbang antara satu dengan yang lain.

Misalnya, guru sekolah favorit harus dirotasi ke sekolah yang peringkatnya rendah. Tujuannya, dengan kualitas guru yang dimiliki itu mampu mengangkat akreditasi maupun peringkat sekolah yang selama ini dianggap sebagai buangan.

BACA JUGA: PPDB 2019: Muhadjir Berkisah tentang Siswa Tempuh 15 KM ke Sekolah

Begitu juga guru yang mengajar di sekolah tidak favorit. Harus dipindah ke sekolah yang bagus. "Agar ketularan bagusnya," katanya.

Demikian juga proporsi guru yang sudah menjadi ASN dan yang masih honorer juga menjadi lebih berimbang di setiap sekolah.

Redistribusi alias rotasi guru, di mana para guru akan didistribusikan ke sekolah-sekolah yang berbeda di dalam zonanya masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News