RSCM Tetap Buka, RS Milik TNI Libur

RSCM Tetap Buka, RS Milik TNI Libur
RSCM Tetap Buka, RS Milik TNI Libur
JAKARTA - Pengumuman mendadak cuti bersama yang jatuh pada hari ini, juga menjadi kekhawatiran kalangan medis. Akibat Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, beberapa rumah sakit pemerintah memutuskan untuk mengikuti keputusan tersebut. Tutupnya sejumlah rumah sakit pemerintah tersebut, bisa berdampak pada layanan medis masyarakat.

"Jelas pengumuman mendadak ini mengacaukan jadwal yang telah ada. Kasihan pasien yang memang sudah terjadwal untuk kontrol atau tindakan kalau memang libur sehingga harus di-schedule ulang," ujar Staf Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-RSCM dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, di Jakarta, kemarin (15/5).

Ari memaparkan, RSCM sendiri memutuskan tidak ikut meliburkan diri terkait cuti bersama tersebut. Menurut keputusan direksi RSCM, rumah sakit pemerintah tersebut akan tetap dibuka seperti biasa pada hari ini. Hal tersebut mempertimbangkan beberapa hal. Antara lain, tidak semua masyarakat memperhatikan pengumuman cuti bersama yang dikeluarkan pada pukul 17.00 pada Jumat (13/5) lalu, penjadwalan layanan yang telah ditetapkan tidak mungkin dibatalkan secara sepihak, serta mempertimbangkan kebutuhan orang sakit yang pasti membutuhkan pengobatan.

Daftar rumah sakit pemerintah yang 'meliburkan diri', di antaranya RSPAD, RSAL, RS Karyadi Semarang, RS Abdul Muluk Lampung, RSUD Pemda DKI. Sementara rumah sakit pemerintah yang tetap buka, lanjut Ari, seperti RSCM, RS Fatmawati, RS M Jamil Padang, dan Puskesmas kelurahan di DKI Jakarta. "Di antaranya itu, akibatnya jadi tidak beragam liburnya," lanjutnya.

JAKARTA - Pengumuman mendadak cuti bersama yang jatuh pada hari ini, juga menjadi kekhawatiran kalangan medis. Akibat Surat Keputusan Bersama (SKB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News