Ruas Tol Pematang Panggang-Kayu Agung Siap Beroperasi

Ruas Tol Pematang Panggang-Kayu Agung Siap Beroperasi
Jalan tol. Foto : JPG/Pojokpitu

jpnn.com, LAMPUNG - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno memastikan jalan tol Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 85 kilometer (km) siap beroperasi. Hal ini disampaikan Rini saat meninjau pembangunan proyek tersebut.

"Tadi sudah saya cek kondisi terkini termasuk rest area yang dibangun. Saya mendorong HK dan Waskita supaya ini nantinya bisa segera beroperasi dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya memastikan tol Pematang Panggang -Kayu Agung sepanjang 85 KM akan beroperasi sehingga nantinya akan tersambung dari Bakauheni - Kayu Agung sepanjang 325 km," tutur Rini.

Selama perjalanan dari Lampung ke Palembang, rombongan berhenti di beberapa titik yaitu Rest Area KM 87, Rest Area KM 215 serta Interchange Kayu Agung KM 325 untuk memeriksa kesiapan dan fasilitas rest area. 

"Rest area KM 215 sudah selesai dibangun dan akan beroperasi tentunya, yang lain sedang kami bangun. Keberadaan rest area ini nanti akan membantu perekonomian masyarakat lokal. Saya juga mendorong UKM-UKM binaan BUMN juga bisa berjualan di rest area ini," kata Rini.

Sementara itu, Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menambahkan, Tol Trans Sumatera Bakauheni – Kayu Agung yang dikelola perseroan kini ditempuh selama 6 jam dengan total jarak tempuh 325 km. Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-11 jam.

"Untuk ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sudah slesai,tinggal kami rapihkan.Untuk jadwal operasi kita akan menunggu keputusan dari Kementerian PUPR. Dalam waktu dekat akan beroperasi," ujar Bintang.

Di sepanjang ruas tol Trans Sumatera,  BUMN-BUMN Karya seperti Hutama Karya, Waskita Karya dan Adhi Karya telah menyiapkan sebanyak 12  tempat istirahat (rest area) sesuai kebutuhan pengguna jalan tol.

Setiap tempat istirahat dilengkapi dengan fasilitas berupa mushola, toilet, tempat pengisian BBM berupa SPBU Modular/kiosk/motoris, warung makanan dan minuman serta mobile ATM di beberapa titik. PT Hutama Karya (Persero) juga akan menggandeng UMKM binaan untuk memasarkan produk-produk lokal di tempat istirahat.(chi/jpnn)


Tol Trans Sumatera Bakauheni – Kayu Agung yang dikelola Hutama Karya kini ditempuh selama 6 jam dengan total jarak tempuh 325 km. Sebelum ada tol ini, jarak tempuh tercatat 10-11 jam.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News