Rudi Ingin Batam Dikenal sebagai Kota Pendidikan Selain Pusat Industri

Rudi Ingin Batam Dikenal sebagai Kota Pendidikan Selain Pusat Industri
Gempita Hardiknas. Foto: Tanjungpinangpos/jpg

jpnn.com, BATAM - Wali Kota Batam Muhammad Rudi membuka kegiatan Gempita Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di gelar di Dataran Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepri, Kamis (25/4).

Kegiatan tahunan yang digelar serentak di 13 provinsi di Indonesia, mulai Kepri hingga Papua tersebut juga disaksikan perwakilan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)

Dalam kesempatan tersebut, Rudi meminta kepada Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pembangunan Karakter Arie Budhiman agar pusat turut membantu mengembangan sarana dan prasarana pendidikan di Kota Batam.

"Saya ingin satu waktu Batam dikenal sebagai kota pendidikan. Agar ini terwujud, ayo kita bekerja dengan melengkapi sarana dan prasarananya. Ini sudah disampaikan kepada Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar ini disampaikan ke Pak Menteri (Mendikbud Muhadjir Effendy, red)," ujar Rudi usai pembukaan Hardiknas.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, jika sarana dan prasana pendidikan memadai di Kota Batam, maka tak menutup kemungkinan kota industri ini juga dikenal sebagai kota pendidikan. Selain itu, pendidikan di kota ini juga akan lebih baik.

"Untuk sarana dibangun tempat pendidikan. Untuk guru pusat lah yang memutuskan apakah pegawai honorer yang ada sekarang bisa kami angkat menjadi pegawai (negeri) atau pusat merekrut pegawai baru sesuai klasifikasi yang dibutuhkan," tuturnya.

Tak sampai di situ, menurutnya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga memberikan beasiswa kepada siswa lulusan SMA yang berhasil lulus melalui jalur undangan di 5 perguruan tinggi, UI, ITB, IPB, UNPAD, dan UGM. Setiap tahun ada sekitar 50-60 orang yang melanjutkan pendidikan di lima perguruan tinggi tersebut dengan dibiayai Pemko Batam.

"Kami butuh kader ASN (aparatur sipil negara) yang memiliki kemampuan lebih dari yang sudah ada saat ini. Mereka yang sudah selesai kuliah akan mengabdi di Pemko Batam, tapi bukan sebagai pegawai melainkan tenaga honorer," jelasnya mantan anggota Polri ini.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi membuka kegiatan Gempita Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 di gelar di Dataran Engku Putri, Batam Center, Batam, Kepri, Kamis (25/4).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News