Rupiah Loyo Pengaruhi Operasional Penerbangan, Begini Komentar Menteri Jonan

Rupiah Loyo Pengaruhi Operasional Penerbangan, Begini Komentar Menteri Jonan
Ignasius Jonan/ dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan tak menampik kalau melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berpengaruh kepada membengkaknya biaya operasional para maskapai.  

Meski demikian, mantan dirut PT KAI ini ogah dibuat pusing hal tersebut. Kalaupun ada maskapai yang menanggung rugi, Jonan menyerahkan hal tersebut pada mereka untuk mencari solusi. Termasuk strategi yang para maskapai gunakan di tengah rupiah yang masih loyo.

"Gini ya, biaya operasi (penerbangan maskapai) pasti terpengaruh. Perkara orangnya sukanya jual rugi, ya terserah. Itu aja," ujar Jonan saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (29/9).

Sementara terkait harga tiket pesawat yang naik karena kena imbas menguatnya dolar, menteri asal Surabaya ini menegaskan kalau pihaknya telah menerapkan batas tarif atas. Sejauh ini dia berkeyakinan para maskapai akan berpatokan pada ketentuan tersebut.

"Kan sudah disesuaikan waktu itu batas tarif atasnya," tandas Jonan. (chi/jpnn)


JAKARTA - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan tak menampik kalau melemahnya rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) berpengaruh kepada membengkaknya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News