Rusia Bunuh 500 Warga Sipil di Ukraina, Senjata China Ikut Berkontribusi?

Rusia Bunuh 500 Warga Sipil di Ukraina, Senjata China Ikut Berkontribusi?
Kendaraan tempur lapis baja buatan China dalam sebuah parade di Beijing pada 3 September 2015. Foto: FRED DUFOUR / AFP

jpnn.com, WASHINGTON DC - Rusia telah meminta bantuan peralatan militer China sejak invasi 24 Februari ke Ukraina, Financial Times dan Washington Post melaporkan pada hari Minggu, mengutip pejabat AS.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan akan berada di Roma pada hari Senin untuk bertemu dengan diplomat top China Yang Jiechi, Gedung Putih mengatakan sebelumnya.

Rusia, yang menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus", dan China telah mempererat kerja sama karena mereka mendapat tekanan kuat Barat atas hak asasi manusia dan serangkaian masalah lainnya.

Beijing tidak mengutuk serangan Rusia dan tidak menyebutnya sebagai invasi, tetapi telah mendesak solusi yang dinegosiasikan.

Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih menolak berkomentar.

The Washington Post mengatakan para pejabat AS yang tidak disebutkan namanya itu tidak menyebutkan jenis persenjataan yang diminta atau bagaimana tanggapan China.

Menurut data terakhir, konflik di Ukraina sudah membunuh 500 lebih warga sipil dan melukai ribuan lainnya. Di antara korban tewas akibat serangan Rusia, ada puluhan anak-anak tak berdosa. (reuters/dil/jpnn)

Nyawa 500 warga sipil, termasuk puluhan anak-anak, tewas akibat serangan Rusia, benarkan senjata buatan China juga digunakan?


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News