Saat Lahir Rambut Bayi Lebat, kok jadi Tipis...Oh, Ternyata Tertukar

Saat Lahir Rambut Bayi Lebat, kok jadi Tipis...Oh, Ternyata Tertukar
Ilustrasi (Dok Jawa Pos)

jpnn.com - MEDAN - Sehari bersama putrinya yang baru lahir di RS Sufina Aziz, Medan, pasangan suami istri Abdul Rahman, 29, dan Risnayanti, 26, terkejut.

Pasalnya, tiba-tiba Risna dikabari oleh perawat di RS tersebut bahwa anak yang telah disusui itu bukan anak kandungnya. Putrinya telah tertukar dengan bayi pasangan Zakaria, 29, dan Ainun, 31, warga Sei Baharu, Hamparan Perak.

’’Bayi ini diantar ke ruangan pada Sabtu siang (13/6). Saya sudah menyusui bayi ini, tahunya pada Minggu malam (14/6) perawat datang mengatakan bayinya tertukar,’’ kata Risna, sapaan karib Risnawati, dengan nada kecewa Senin (15/6)

Ya, setelah melahirkan pada Kamis (11/6) pukul 23.45 WIB, dia mengaku hanya melihat sebentar anak pertamanya karena baru saja melahirkan secara Caesar. Karena itu, dia belum mengenal betul wajah dan ciri-ciri bayinya. Meskipun demikian, dia sempat curiga karena berat bayinya mendadak menjadi lebih berat, yakni dari 2,8 kg menjadi 3,2 kg.

’’Saya masih di ruang operasi, jadi hanya melihat sebentar dan menciumnya dua kali. Jadi, belum tahu betul dengan bayi saya. Tapi, kami pun sempat curiga karena ada kakak saya, Khadijah, yang sempat merekam anak saya di handphone-nya. Di video itu, rambut anak saya lebat, berat badannya 2,8 kg. Bayi yang tertukar ini kami timbang 3,2 kg,’’ ucapnya.

Hal tersebut juga diakui Khadijah. Menurut dia, dirinya sempat merekam beberapa detik begitu keponakannya lahir.

’’Rambutnya lebat sekali, kok beberapa hari sudah tipis. Saya sampaikan juga ke mamaknya, tapi saya berpikir juga nggak mungkin tertukar. Mengenai rambutnya yang menipis, ada pula tetangga yang bilang bahwa rambut pertama bayi itu bisa rontok. Makanya, awalnya saya tidak percaya tertukar,’’ ungkapnya.

Abdul Rahman mengaku kecewa dengan tertukarnya bayinya. Dia meminta pertanggungjawaban dari pihak rumah sakit sehingga diketahui adanya unsur kesengajaan, ketidaksengajaan, atau kecerobohan pihak rumah sakit.

MEDAN - Sehari bersama putrinya yang baru lahir di RS Sufina Aziz, Medan, pasangan suami istri Abdul Rahman, 29, dan Risnayanti, 26, terkejut. Pasalnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News