Saat Meletus, Sejumlah Wartawan di Puncak Sinabung

Diselamatkan ke Pinggir Danau Lau Kawar

Saat Meletus, Sejumlah Wartawan di Puncak Sinabung
Saat Meletus, Sejumlah Wartawan di Puncak Sinabung

jpnn.com - KARO - Gunung Sinabung di Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, meletus di siang bolong kemarin, tepatnya pukul 12.03 WIB.  Di tengah letusan itu, ada 6 pendaki yang merupakan para jurnalis dan potografer tengah berada di atas gunung yang menyemburkan debu vulkanik.

Ini kedua kalinya ada pendaki di tengah letusan Gunung Sinabung. Jika pada letusan pertama, Minggu (15/9) lalu ada puluhan pendaki  tengah berada di puncak, kini pada letusan kedua, Selasa (17/9), meninggalkan cerita yang hampir mirip.

Pada letusan kedua ini malah sejumlah wartawan dan photographer  bersama masyarakat sekitar yang kesemuanya berjumlah enam orang, tengah berada di dekat puncak gunung itu.

Adalah Rinaldi Tarigan dari jurnalis media elektronik dan Riza dari jurnalis media cetak terbitan Medan serta photographer asal Berastagi, Lewa, bersama warga melakukan pendakian sekitar pukul 06.00 WIB. Mereka kemudian tiba di Batu Segel, puncak Sinabung pada pukul 10.00 WIB.

Mereka sengaja naik ke puncak Sinabung untuk melakukan peliputan secara dekat. Karena letih, mereka akhirnya beristirahat untuk makan siang. Usai makan siang, para jurnalis dengan ditemani warga itu, bermaksud hendak melanjutkan perjalanan ke puncak gunung karena waktu semakin siang.

Namun, belum sempat mereka melanjutkan langkah, keenamnya yang tengah memandang ke arah puncak gunung, melihat debu vulkanik terbang dan mengepul ke atas. Udara pun langsung menjadi panas. “Tiba-tiba udara di sekitar kami sangat panas setelah kepulan debu vulkanik keluar menjulang tinggi,” ujar Riza menceritakan.

Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, para jurnalis yang ditemani warga itu, langsung mengurungkan niat mereka kembali melanjutkan perjalanan. Merekapun langsung bergegas menuruni lereng gunung.

"Kami sangat khawatir akan keselamatan kami. Walau khawatir, kami tak mungkin bisa lari secepat Ben Jhonson, kami memilih pelan-pelan turun agar tidak tergelincir jatuh," kata Riza lagi.

KARO - Gunung Sinabung di Desa Kuta Gugung Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo, meletus di siang bolong kemarin, tepatnya pukul 12.03 WIB. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News