Saat Prancis Terganggu Ulah Copet Spesialis Wisatawan

Beranggota Anak-Anak, Sehari Bisa Dapat Rp 30 Juta

Saat Prancis Terganggu Ulah Copet Spesialis Wisatawan
Saat Prancis Terganggu Ulah Copet Spesialis Wisatawan

jpnn.com - Polisi Paris berhasil membongkar dan menangkap geng pencopet yang biasa beroperasi di tempat-tempat wisata populer di ibu kota Prancis itu. Sebagian besar targetnya adalah wisatawan asal Asia.

= = = = = = = = = = = = = =

KELOMPOK yang dikenal dengan Geng Roma itu begitu lihai dalam menjalankan operasinya. Sebagian di antara mereka adalah perempuan yang mempunyai job desk masing-masing. Misalnya, mengalihkan perhatian target, mencari cara untuk membelakangi kamera CCTV, dan eksekutor.

Namun selihai-lihainya copet bergerak, mereka tertangkap juga. Setelah berminggu-minggu diintai dan diselidiki, sekelompok copet yang beranggota remaja-remaja asal Eropa Timur itu berhasil digaruk Selasa (17/9). Mereka biasa beroperasi di Museum Louvre, Muse d'Orsay, Menara Eiffel, dan Chateau de Versailles.

Meski sudah menjaring sekelompok pengutil dompet, polisi memperingatkan bahwa jumlah mereka masih banyak. Modus mereka adalah mengincar korbannya, menghentikan mereka untuk sekadar berbincang dan sok kenal, lalu mencuri dompetnya. Dalam sehari, mereka bisa meraup EUR 2.000 (sekitar Rp 30 juta)

Delapan foto dari CCTV yang dilansir majalah ternama Prancis, Paris Match, memperlihatkan geng Rumania dan Bulgaria sedang beroperasi.

Aksi para penjahat kelas teri, yang sudah lama menjadi momok di Paris itu, semakin menjadi-jadi dalam beberapa bulan terakhir. Para pekerja di Museum Louvra bahkan sampai berdemonstrasi untuk memprotes meningkatnya kasus pencurian. Kondisi tersebut memaksa polisi menyebarkan brosur dalam enam bahasa yang berisi peringatan dan cara menghindari aksi pencurian.

Kelompok tersebut tertangkap saat berkeliaran di sejumlah tempat wisata yang paling sering dipenuhi pengunjung. Mereka nongkrong di dekat lukisan Mona Lisa dan Venus de Milo di Louvre. Kelompok ini membeli tiket masuk, sama seperti pengunjung lainnya.

Polisi Paris berhasil membongkar dan menangkap geng pencopet yang biasa beroperasi di tempat-tempat wisata populer di ibu kota Prancis itu. Sebagian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News