Sabam Sirait di Mata Jamiluddin Ritonga, Diterima Kawan Maupun Lawan Politik 

Sabam Sirait di Mata Jamiluddin Ritonga, Diterima Kawan Maupun Lawan Politik 
Pakat komunikasi politik Univeristas Eza Unggul Jamiluddin Ritonga. dok for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Jamiluddin Ritonga mengatakan bahwa Sabam Sirait merupakan sosok nasional tulen.  

Menurut dia, Sabam banyak mengajarkan politik nasionalis yang santun. 

"Sebagai sosok nasionalis, Sabam Sirait banyak mengajarkan cara menjaga NKRI. Dia juga mengajarkan politik nasionalis yang santun, tidak grasah-grusuh,” kata Jamiluddin kepada JPNN.com, Kamis (30/9)

Akademisi Universitas Esa Unggul itu menyebutkan Sabam Sirait menjadi tokoh yang banyak memberi teladan dalam perpolitikan nasional.

"Sabam Sirait dalam berpolitik tampak sejuk. Dia menjauhi politik konfrontasi, sehingga diterima oleh kawan dan lawan politiknya," lanjutnya.

Jamiluddin menyebutkan Sabam Sirait tidak pernah mendapat penolakan dari partai lain terkait sepak terjangnya di PDI dan PDIP.

"Begitu juga selama dia menjadi anggota DPD, kehadirannya cukup diterima," ujar dia. 

Meskipun Sabam Sirait beragama nonmuslim, kata Jamilludin, tetapi dia dapat berteman dengan politisi muslim dengan baik dan mengatasi sekat-sekat perbedaan agama.

Jamiluddin Ritonga menegaskan Sabam Sirait dalam berpolitik tampak sejuk dan menjauhi politik konfrontasi sehingga diterima oleh kawan dan lawan politiknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News