Sabar! Pelabuhan Tanjung Api-Api Beroperasi Desember 2017

Sabar! Pelabuhan Tanjung Api-Api Beroperasi Desember 2017
Ilustrasi pelabuhan. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Tanjung Api-Api akan mulai beroperasi pada Desember 2017.

Budi menjelaskan saat ini pembangunan fisik sudah selesai.

"Sudah bisa beroperasi pada Desember 2017. Hanya setelah beroperasi masih perlu dilakukan pengerukan lagi menjadi 7 LWS, karena kedalaman pelabuhan sekarang hanya 3.5 LWS," ujar Budi dalam siaran persnya, Sabtu (20/5).

Budi menyatakan perlunya perbaikan jalan yang menghubungkan antara pelabuhan dan kota Palembang serta pembangunan tol dan kereta api untuk menunjang lancarnya arus distribusi barang dan jasa dari dan ke pelabuhan.

Mantan dirut AP II ini optimistis dengan beroperasinya Pelabuhan Tanjung Api-Api bisa mendorong perkembangan industri di Sumatera Selatan.

"Kami harapkan Palembang bisa menjadi pelabuhan pengumpul akan efektif membawa barang-barang yang ada di Sumatera Selatan dan Jambi untuk dibawa ke Tanjung Priok sebelum akhirnya diekspor ke daerah lain," tutur Budi.

Sementara itu Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono menambahkan, saat ini Pelabuhan Tanjung Api-Api mampu menampung kapal dengan bobot 464 GRT.

"Rencana ke depan, Pelabuhan Tanjung Api-Api dipersiapkan bisa menampung kapal dengan bobot 1000 DWT," jelas Tonny.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pelabuhan Tanjung Api-Api akan mulai beroperasi pada Desember 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News