Sadis! Partai Komunis Tiongkok Sikat Ribuan Pejabat Hedonis

Sadis! Partai Komunis Tiongkok Sikat Ribuan Pejabat Hedonis
Suasana Kongres ke-19 Partai Komunis Tiongkok. Foto: AP

jpnn.com, BEIJING - Partai Komunis Tiongkok (CPC) membuktikan keseriusannya memberantas pejabat korup dan doyan menghambur-hamburkan duit negara. 

Sepanjang semester I/2020 saja, Komisi Nasional Supervisi dan Inspeksi Komite Sentral CPC sudah menjatuhkan sanksi terhadap 89.564 pejabat pemerintah yang melanggar aturan tentang penghematan bagi penyelenggara negara.

Para pejabat yang divonis tersebut berasal dari 338 prefektur dan 5.087 kabupaten di Tiongkok.

Untuk bukan Juni, Komisi Disiplin yang berfungsi sebagai lembaga antirasuah itu telah menjatuhi hukuman kepada 19.063 pejabat.

Dari jumlah itu, sebanyak 10.975 pejabat di antaranya ditemukan melakukan kesalahan birokrasi atau praktik-praktik formalitas.

Sementara 8.088 pejabat dihukum dalam kasus hedonisme dan perilaku boros, seperti pemberian tunjangan atau bonus yang tidak sah dan memberi atau menerima hadiah mewah.

CPC di bawah kepemimpinan puncak Xi Jinping pada akhir 2012 telah merilis delapan poin peraturan tentang penghematan di lingkungan birokrasi, baik bersifat individu maupun kelembagaan. (ant/dil/jpnn)

Partai Komunis Tiongkok (CPC) membuktikan keseriusannya memberantas pejabat korup dan doyan menghambur-hamburkan duit negara


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News