Sah, Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR RI

Sah, Bambang Soesatyo jadi Ketua DPR RI
Bambang Soesatyo. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI Bambang Soesatyo sah menjadi Ketua DPR RI Periode 2014-2019, Senin (15/1/2018), setelah mendapat persetujuan secara bulat dari peserta Rapat Paripurna DPR.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto selaku pimpinan Rapat terlebih dahulu membacakan dua surat yakni surat dari DPP Partai Golkar dan Fraksi Partai Golkar DPR mengenai pemberhentian Setya Novanto dan pengangkatan Bamsoet sapan Bambang Soesatyo.

Kedua surat tersebut, menurut Agus telah dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) sebelum membawa ke forum paripurna untuk dimintai persetujuan.

"Kami akan menanyakan, apakah penggantian ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar DPR RI dari Saudara Setya Novanto kepada Saudara Bambang Soesatyo dapat disetujui?" ucap Agus, dan dijawab setuju oleh seluruh anggota yang hadir.

Persetujuan itu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua MA Hatta Ali, dan disaksikan tiga pimpinan Dewan yakni Agus Hermanto, Fahri Hamzah, dan Taufik Kurniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai ketua Dewan Perwakilan Rakyat dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945,” ucap Bamsoet.

Setelah itu politikus yang juga mantan wartawan tersebut menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah Jabatan, serta diikuti pemberian ucapan selamat dari pimpinan dan anggota Dewan.(fat/jpnn)


Wakil Ketua DPR Agus Hermanto selaku pimpinan Rapat terlebih dahulu membacakan dua surat yakni surat dari DPP Partai Golkar dan Fraksi Partai Golkar DPR.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News