Said Abdullah Raih Suara Tertinggi di Pileg 2024, Pengamat: Bukti Ketokohan di Madura Tiada Dua

Said Abdullah Raih Suara Tertinggi di Pileg 2024, Pengamat: Bukti Ketokohan di Madura Tiada Dua
Politikus PDI Perjuangan sekaligus Ketua Badan Anggaran DPR RI Said Abdullah. Foto: Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memang belum mengumumkan hasil resmi perolehan suara caleg DPR pada Pemilu 2024. Namun, tahap rekapitalisasi penghitungan suara pileg dan pilpres 2024 di tingkat kabupaten dan kota sebagian besar telah selesai.

Dari data yang didapatkan perhitungan suara di tingkat kabupaten dan kota, sejauh ini calon legislatif yang juga petahana Said Abdullah dari PDI Perjuangan Daerah Pemilihan XI Jawa Timur meliputi Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep memecahkan rekor perolehan suara nasional.

Dari perhitungan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten di wilayah Madura, Said Abdullah mencatatkan perolehan suara mencapai 661.607 suara, dengan rincian perolehan suaranya dari Bangkalan sebesar 58.539, Sampang 173.381, Pamekasan 26.377 dan Sumenep 271.495.

Mencermati perolehan suara yang sangat tinggi, bahkan hampir dipastikan mendapatkan suara tertinggi secara nasional, Surokim selaku pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Bangkalan menegaskan hasil ini membuktikan ketokohan Said Abdullah tiada duanya di bumi Madura ini.

“Pak Said itu tokoh politik senior, kiprah politiknya sejak 80-an dan setia dari era PDI hingga menjadi PDI Perjuangan. Ketokohan politiknya di Madura periode ini tiada duanya,” ujar Surokim.

“Saat ini boleh jadi Pak Said merupakan tokoh yang “dituakan” dalam hal kiprah politik di Madura. Apalagi kultur masyarakat di Madura sangat menjunjung tinggi tokoh-tokoh senior,” ujar Surokim.

Surokim juga menambahkan Said Abdullah bukan hanya tokoh lama di Madura, tetapi memiliki jaringan akar rumput yang luas, mulai jaringan kepala desa hingga kepala daerah, guru ngaji dan guru guru di tingkat mad rasakan hingga aliyah selama ini dirawat aspirasinya dengan baik.

Relasi yang terjalin kuat inilah yang menggerakkan akar rumput, hingga mendulang suara begitu besar, bahkan juara nasional.

Dari data yang didapatkan perhitungan suara di tingkat kabupaten dan kota, Caleg dari PDIP Dapil XI Jatim catat rekor raih suara Pileg tertinggi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News