Saking Dalamnya, Gempa Jepara Terasa di 7 Provinsi

Saking Dalamnya, Gempa Jepara Terasa di 7 Provinsi
Dua pencari kayu berjalan di pinggir pantai Tanjung Setia, Krui, Lampung Barat, Lampung. Gempa dengan magnitudo 6,1 di wilayah Laut Jawa, Selasa (7/7) pagi getarannya juga dirasakan di Krui. Foto: ANTARA/Rosa Panggabean/pd

jpnn.com, JEPARA - Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, gempa bumi dengan magnitudo 6,1 yang terjadi di Laut Jawa pada Selasa (7/7) pagi, guncangannya dirasakan di wilayah yang luas.

Menurut dia, gempa dalam akibat adanya deformasi atau penyesaran pada lempeng yang tersubduksi di bawah Laut Jawa tersebut guncangannya dirasakan di sebagian Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera bagian selatan.

Daerah yang dimaksud seperti Karangkates dan Nganjuk di Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, kemudian di Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, dan Boyolali Jawa Tengah, lalu Pangandaran dan Garut di Jawa Barat.

Kemudian di Krui, Sekincau, dan Semaka di Lampung. Gianyar, Kuta, ??Denpasar, dan Karangasem di Bali, serta Lombok Barat dan Mataram di Nusa Tenggara Barat.

"Karena saking dalamnya hiposenter gempa maka spektrum guncangan yang dirasakan dalam wilayah yang luas," kata Daryono dalam siaran pers BMKG.

Menurut dia, gempa yang terjadi pukul 05.54 WIB di laut sekitar 85 km arah Utara Mlonggo, Jepara, Jawa Tengah, pada kedalaman 539 km itu disebut sebagai deep focus earthquake.

Ia menjelaskan, gempa itu terjadi karena slab lempeng Indo Australia yang menghunjam dan menukik di bawah Laut Jawa menggantung dan kemudian putus akibat adanya tarikan gaya gravitasi atau proses lempeng yang mulai menggulung balik.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault) akibat tarikan lempeng ke bawah," katanya.

Gempa ini terjadi karena slab lempeng Indo Australia menukik di bawah Laut Jawa, menggantung dan kemudian putus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News