Sakit Nyeri? Redakan Dengan Musik Pop

Sakit Nyeri? Redakan Dengan Musik Pop
Ilustrasi. FOTO: getty images

jpnn.com - SEDIH, tertekan, stres atau "nyeri" hati biasanya bakal reda jika dialihkan dengan mendengarkan musik yang dibawakan penyanyi atau lagu favorit. Namun baru-baru ini, sebuah studi baru memastikan jika mendengarkan musik juga dapat mengurangi nyeri fisik yang dialami seseorang. 

Empat dari sepuluh orang yang menderita nyeri kronis mengaku, mendengarkan musik bisa membantu meredakan gejala nyeri yang dialaminya. Survei itu melibatkan 1.500 orang berusia 16 tahun hingga 24 tahun.

Dari survei yang digelar perusahaan farmasi asal Amerika, LloydsPharmacy, dapat disimpulkan bahwa pop merupakan genre musik yang paling populer digunakan partisipan untuk meredakan nyerinya (21 persen). Diikuti dengan musik klasik sebesar 17 persen dan musik rock maupun indie yang dimanfaatkan 16 persen partisipan.

Sedangkan dari para partisipan yang mengaku sering memanfatkan musik untuk meredakan nyeri fisik yang dirasakannya, sepertiga di antaranya mengatakan mereka melakukannya sesering mungkin. Namun 40 persen lainnya mengaku hanya mendengarkan musik di malam hari.

Sebelumnya sejumlah studi lain telah menemukan bahwa stres dan kegelisahan dapat memperburuk nyeri yang dirasakan seseorang. Untuk itu segala hal yang bisa membantu seseorang agar merasa rileks juga disinyalir dapat membantu meredakan nyeri yang dialaminya.

"Orang-orang yang menderita nyeri tertentu memang seharusnya mencari aktivitas yang bisa mereka geluti sepenuhnya. Salah satunya adalah mendengarkan musik favorit karena dapat melibatkan pemikiran maupun perasaan," kata Research Assistant Professor dari University of Utah Pain Management Centre, AS, David Bradshaw, seperti dilansir laman Today, Jumat (15/11).

"Tak peduli seberapa kronis nyeri yang anda rasakan, jika anda bisa terhanyut dalam musik maka ini akan membantu anda mengatasi nyeri itu. Pilih musik yang anda suka, kalau perlu bersenandung atau nyanyikan sekalian karena ini juga bisa mengalihkan perhatian anda dari si nyeri," pungkasnya.(fny/jpnn)

SEDIH, tertekan, stres atau "nyeri" hati biasanya bakal reda jika dialihkan dengan mendengarkan musik yang dibawakan penyanyi atau lagu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News