Sakti! Dikepung dari Darat dan Laut, Labora Gagal Dieksekusi

Sakti! Dikepung dari Darat dan Laut, Labora Gagal Dieksekusi
Sejumlah karyawan PT Rotua, perusahaan milik Labora Sitorus diamankan petugas. Foto: dok/Radar Sorong

jpnn.com - SORONG - Nama terpidana kasus pencucian uang dan pembalakan liar, Labora Sitorus menjadi buah bibir sejak Jumat (4/3) pagi. Pasalnya, oknum polisi yang telah divonis 15 tahun penjara dan denda sebesar Rp 5 miliar pada 17 September 2014 itu gagal ditransfer dari Sorong, Papua Barat ke LP Cipinang, Jakarta.

Padahal, yang mau mengeksekusi Labora itu bukan sembarang tim. Selain datang dari tim Kementerian Hukum dan HAM, juga ada dari kepolisian dan TNI.

Gagal total! Labora tak ada di kediamannya sekaligus tempat usahanya PT Rotua di kawasan Tampa Garam.

Dari pantauan Radar Sorong, proses ekseskusi dimulai sekitar pukul 06.30 WIT. Kediaman Labora dikepung dari laut dan darat. Sebelum pembobolan paksa ketua tim meminta karyawan untuk bekerja sama dengan membuka gerbang. Namun gagal. Tim gabungan sempat mendapatkan perlawanan dari ratusan karyawan.

Karyawan PT Rotua yang bergerak di bidang pengolahan kayu melakukan perlawanan menolak proses eksekusi. Mereka melempari tim eksekutor yang dikawal ketat ratusan aparat dengan kayu dan batu. 

Massa juga menutup pintu gerbang dari besi yang menjadi pintu masuk ke PT Rotua. Beberapa karyawan bahkan nekat melempar anggota dengan batu, hingga ada tameng anggota yang pecah. Anggota pun melontarkan tembakan gas air mata. Gerbang dan tembok yang telah dilapisi dengan truk, balok kayu, dan kontainer akhirnya berhasil dibobol mobil baraccuda.

Ratusan aparat yang sudah berkumpul di depan PT Rotua pun merangsek masuk. Aparat kemudian terlibat keributan dengan massa yang masih melakukan perlawanan. Puluhan karyawan PT Rotua diamankan dengan digiring keluar dari lokasi kerja mereka. Sebagian dari mereka digiring ke Polres Sorong Kota untuk dimintai keterangannya. Aparat mengumpulkan karyawan di lokasi kerja.

Ratusan karyawan yang berhamburan langsung diamankan di dalam lapangan. Sedangkan 25 karyawan dan 3 orang PH langsung digiring ke Mapolres Sorong Kota. Karena tertangkap drone melakukan pelemparan dan provokator aksi. Salah satu di antaranya diduga mengetahui lokasi Labora.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News