Samad Harus Segera Mundur Kalau Berniat Jadi Cawapres

Samad Harus Segera Mundur Kalau Berniat Jadi Cawapres
Samad Harus Segera Mundur Kalau Berniat Jadi Cawapres

jpnn.com - Para mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ikut mengomentari menguatnya wacana Abraham Samad yang akan digandeng menjadi calon wakil presiden pada Pilpres 2014 ini.

Nama Ketua KPK itu memang semakin nyaring disebut-sebut bakal digaet sebagai calon wakil presiden. Setelah sebelumnya sempat diwacanakan akan digandeng calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto, Joko Widodo juga tidak mau kalah. Bahkan, calon presiden PDI Perjuangan itu menegaskan Abraham Samad satu di antara calon kuat yang akan menjadi pendampingnya.

Mantan pimpinan KPK Erry Riyana Hardjapamekas tak mempersoalkan Abraham Samad maju dalam Pilpres yang akan digelar Juli mendatang. Karena itu hak semua warga negara.

"Semua warga punya hak untuk dilirik. Dan yang dilirik kalau memang sudah niat juga tak ada larangan," ujarnya kepada Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN.com),  Senin (12/5).

Namun dia mengingatkan, Abraham Samad harus mundur kalau memang sejak awal sudah berniat untuk meramaikan bursa Pilpres 2014. "Kalau niatnya muncul sejak jauh-jauh hari, sebaiknya fokus dan lepas dari kewajiban lain sehingga tidak ada benturan kepentingan," tandasnya.

Sebelumnya, mantan Pimpinan KPK lainnya, M. Jasin menolak kalau sampai Abraham Samad menjadi cawapres. (Baca: Kalau Samad Jadi Cawapres, M. Jasin Kuatir KPK akan Jadi Batu Loncatan)

"KPK harus tidak terkontaminasi dengan politik, dan iming-iming jabatan politik apalagi disaat mereka masih sedang menjabat sebagai Pimpinan KPK," tegas Jasin.

Penolakan yang sama juga disampaikan mantan Penasihat KPK Abdullah Hehamahua.  (Baca: Ini Alasan Kenapa Abraham Samad harus Diperiksa)

Para mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi ikut mengomentari menguatnya wacana Abraham Samad yang akan digandeng menjadi calon wakil presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News