Sambangi Lokasi Banjir Gorontalo, Mensos Risma Salurkan Bantuan

Sambangi Lokasi Banjir Gorontalo, Mensos Risma Salurkan Bantuan
Mensos Tri Rismaharini bersama anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah Rusli Habibie saat menyalurkan bantuan kepada korban banjir dan longsor di Gorontalo, Rabu (29/9/2021) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, GORONTALO - Menteri sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyalurkan bantuan hingga ratusan juta rupiah bagi ribuan warga yang terdampak banjir dan tanah longsor di 2 desa di Kabupaten Gorontalo, Rabu (29/9).

Mensos yang didampingi anggota Komisi VIII DPR RI Idah Syahidah Rusli Habibie, anggota DPD RI dari Gorontalo Rahmijati Jahja, dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo langsung meninjau lokasi bencana alam di Desa Kayubulan, Kecamatan Limboto dan Desa Buhu, Kecamatan Talaga Jaya.

Mensos yang baru saja tiba di Gorontalo langsung menyalurkan bantuan menggunakan perahu karet kepada warga yang masih bertahan di rumah mereka.

Mantan Wali Kota Surabaya itu mengungkapkan Kementerian Sosial sendiri sudah hadir kurang lebih hampir 2 minggu di lokasi terdampak banjir untuk membantu warga.

"Jadi, kami hampir dua minggu di sini. Jadi, bukan tidak ada perhatian pemerintah," tutur Mensos.

Mensos Risma juga menyarankan kepada Bupati Gorontalo untuk cepat menyelesaikan akar permasalahan agar bencana banjir tidak terjadi lagi.

"Kalau saya melihat ini bagian dari danau, lalu dijadikan perumahan, pasti ada perbedaan ketinggian. Pasti ini daerah cekung. Oleh karena itu, saya minta pak bupati untuk mengusulkan pembuatan tanggul," lanjut Mensos.

Tak hanya memberikan bantuan, Mensos Risma juga meninjau posko layanan dukungan psikososial. Mensos berpesan agar anak-anak yang ada di posko pengungsian  tetap semangat dan tidak menyerah meski sering terdampak banjir.

Mensos Tri Rismaharini menyalurkan bantuan yang mencapai ratusan juta untuk korban banjir di Gorontalo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News