Sambut BI Fast Payment, Anabatic Siapkan Digital X’formation Platform

Sambut BI Fast Payment, Anabatic Siapkan Digital X’formation Platform
Bank Indonesia. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) berencana meluncurkan BI Fast Payment (BI FAST) pada akhir tahun ini.

Terkait hal tersebut, PT Anabatic Technologies Tbk (Anabatic) telah menyiapkan solusi untuk membantu perbankan siap secara teknologi, sehingga implementasi BI FAST bisa berjalan lancar, yakni Digital X’formation Platform/DXP.

Head of Solution Anabatic Regina Anastasia, menjelaskan DXP akan menciptakan komunikasi untuk omnichannel yang dimiliki oleh bank.

Platform DXP merupakan layer tambahan atau digital payment switch yang di-deployed pada server IBM untuk menjaga stabilitas serta scalable dari platform.

DXP menjadi solusi yang bisa membantu bank melakukan transformasi tidak harus mengubah seluruh sistem yang ada, tapi hanya menambah satu layer.

DXP pun membantu bank untuk berkomunikasi melalui API, ISO 8583 sampai ISO 20022, yang dibutuhkan untuk transformasi menyongsong BI FAST dan new swift regulation.

“Misalnya, sebuah bank punya internal system terkait core banking-nya, terkait credit card sampai dengan treasury system. Ini bisa komunikasi dengan digital system-nya (eKYC, biometrics, e-wallet, Open API),” ujar Regina dalam Webinar 'Membangun Ekosistem Sistem Pembayaran Digital Menyongsong BI FAST', Selasa (3/8).

Regina menambahkan, untuk bisa cocok dengan konektor dari BI, kapabilitas platform tersebut di-provide tidak terbatas sebagai konverter saja.

Semuanya saat ini tengah berenovasi ke arah digital, banyak platfom-platform digital bermunculan, terlebih saat pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News