Sambut HUT ke-20, GPMB Gelar Seminar Merawat Kebinekaan Dalam Bingkai Literasi Budaya

Sambut HUT ke-20, GPMB Gelar Seminar Merawat Kebinekaan Dalam Bingkai Literasi Budaya
Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustaaan Deni Kurniadi menyampaikan sambutan pembukaan Seminar Nasional bertema Kebinekaan Budaya Indonesia, Prestasi Literasi Bangsa yang digelar dalam rangka 20 tahun GPMB. Foto: Dok. GPMB

jpnn.com, JAKARTA - Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) tahun ini memasuki usia 20 tahun, tepatnya di tanggal 25 Oktober 2021.

Dalam rangka memperingati momentum akbar tersebut, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Seminar Nasional 20 tahun GPMB.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 dan 6 Oktober 2021 secara hibrid, yaitu daring dan luring dengan dukungan dari Perpustakaan Nasional RI. Tema yang dipilih tahun ini adalah Kebinnekaan Budaya Indonesia, Prestasi Literasi Bangsa.

Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustaaan Deni Kurniadi menyampaikan Indonesia sudah diakui dunia sebagai negara dengan jumlah perpustakaan terbanyak kedua di dunia setelah India.

Tidak kurang dari 164.610 perpustakaan tumbuh di Indonesia, dan perpustakaan sekolah menempati porsi/jumlah terbesar sebanyak 113.541 (68,98%). Namun, angka tersebut belum sesuai yang diharapkan. Dengan populasi penduduk yang menembus 270 juta jiwa, jumlah buku yang beredar malah hanya 22.318.083 eksemplar.

Artinya rasio buku dengan penduduk nasional, yakni 0,09. Satu buku ditunggui 9 orang. Padahal UNESCO menstandarkan setiap satu orang wajib memiliki tiga buku baru setiap tahunnya.

Di tengah keterbatasan ketersediaan buku, catatan positif diraih Indonesia pada survei World Reading Habits di tahun 2020 menempati urutan 16 besar dunia sebagai negara dengan intensitas membaca enam jam per minggu.

Secara global, 35% masyarakat dunia memilih kebiasaan membaca selama pembatasan aktivitas dikarenakan penyebaran virus Corona.

Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) tahun ini memasuki usia 20 tahun, tepatnya di tanggal 25 Oktober 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News