Sambut KTT G20 & ASEAN Summit, Kementerian PUPR Tingkatkan Akses Jalan Labuan Bajo

Sambut KTT G20 & ASEAN Summit, Kementerian PUPR Tingkatkan Akses Jalan Labuan Bajo
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga terus membenahi ruas jalan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Selain untuk mendukung produktivitas sektor pariwisata pascapandemi COVID-19, pembangunan infrastruktur konektivitas juga dilakukan seiring pelaksanaan KTT G20 dan ASEAN Summit yang rencananya diselenggarakan di Labuan Bajo pada 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan infrastruktur untuk KSPN Labuan Bajo telah direncanakan secara terpadu.

Pembangunan ini terdiri dari peningkatan kualitas jalan, penataan kawasan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi, dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangunan infrastruktur.

"Tahun 2021 kami sudah programkan pelebaran jalan sesuai dengan standar nasional menuju Tana Mori sepanjang 30 Km. Pengerjaannya selesai tahun 2022," kata Basuki saat kunjungan kerja di Labuan Bajo, Kamis (11/9).

Program peningkatan jalan dan jembatan menuju Tana Mori sepanjang 30 Km dikerjakan mulai dari ruas jalan Hotel Jayakarta dengan anggaran sebesar Rp 377 miliar.

Pengerjaannya dilakukan secara bertahap berupa peningkatan struktur jalan Labuan Bajo-Simpang Kenari sepanjang Rp 14,6 Km dengan kebutuhan anggaran sebesar Rp 146 miliar dan Simpang Kenari-Tana Mori sepanjang 15,4 Km dengan anggaran Rp 231 miliar.

Selain pembangunan akses menuju Tana Mori, peningkatan jaringan jalan KSPN Labuan Bajo terus dilakukan Kementerian PUPR.

Kementerian PUPR terus membenahi ruas jalan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News