Sandiaga Jadikan Pariwisata Indonesia Lebih Berkualitas dan Berkelanjutan dengan Big Data

Sandiaga Jadikan Pariwisata Indonesia Lebih Berkualitas dan Berkelanjutan dengan Big Data
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berdialog dengan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Labuan Bajo. Foto dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Potensi digital Indonesia terus berkembang pesat. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia yang mencapai 73,7 persen dari populasi atau 196,7 juta pengguna.

Penetrasi internet yang tinggi berdampak pada meningkatnya aktivitas seperti berbisnis dan bertransaksi secara online.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di bawah komando Sandiaga Uno, terus fokus mengembangkan potensi digital di Indonesia. Hal itu dilakukan sebagai upaya bertahan dan menjadi pemenang pandemi.

"Pandemi ini memang sulit bagi kita semua, tetapi kita terus beradaptasi dan berinovasi khususnya dari sisi teknologi," kata Sandiaga, Rabu (7/4/2021).

Sandiaga mengatakan, destinasi-destinasi pariwisata di tanah air sangat membutuhkan adanya teknologi berbasis lokasi.

Ia optimistis, pendekatan digital yang tengah dibangun Kemenparekraf bisa membawa pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia menjadi lebih berkualitas dan berkelanjutan.

"Semoga kecerdasan teknologi yang dibangun bersama-sama memungkinkan kita untuk menggunakan pendekatan Big Data untuk mencapai pariwisata yang jauh lebih baik, berkualitas dan berkelanjutan," kata Sandiaga.

Karena itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi semua pihak yang terlibat dan mendukung berkembangnya ekosistem ekonomi digital yang kini tengah digarap pemerintah.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus fokus mengembangkan potensi digital di Indonesia. Hal itu dilakukan sebagai upaya bertahan dan menjadi pemenang pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News