Santri Dukung Ganjar Rayakan Maulid Nabi dan Doa Bersama Untuk Indonesia

Santri Dukung Ganjar Rayakan Maulid Nabi dan Doa Bersama Untuk Indonesia
Santri Dukung Ganjar di Banten menggelar doa bersama dan merayakan Maulid Nabi di Serang. Dok Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, SERANG - Sukarelawan Santri Dukung Ganjar (SDG) Banten memperingati Maulid Nabi Muhammad dan menggelar doa bersama untuk Indonesia di lapangan Penziarahan Kapal Bosok, Curugmanis, Kota Serang.

"Kami bersama sekitar 1.000 santri menggelar kegiatan doa bersama untuk Indonesia, khususnya untuk Ganjar Pranowo sebagai calon pemimpin pada 2024. Selain itu kita juga menyelenggarakan haul untuk Tuan Syekh Abdul Qodir Jailani," kata Dewan Pembina SDG Banten Ahmad Yury Alam dalam siaran persnya, Minggu (30/10).

Yury mengaku ada respons positif didapatkan sukarelawan SDG selama proses sosialisasi dan tidak menemukan kendala berarti dalam mengajak para santri di setiap kegiatan.

"Alhamdullilah saya bersyukur kiai, ulama, dan santri di Provinsi Banten menyambut baik kedatangan kami. Ini karena sosok Pak Ganjar yang dikenal suka bersilaturahmi kepada pemuka agama dan para santri," ujar Yury.

Berdasarkan data Education Management and Information System (EMIS) Kementerian Agama, jumlah pondok pesantren di Banten dalam tiga tahun terakhir mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Tahun 2018 sekitar 4.000 pesantren, lalu 2021 per Oktober mencapai 6.032 pesantren, terdiri atas 3.972 salafiyah (kitab) dan 2.060 modern (kitab dan satuan pendidikan). Adapun jumlah santrinya mencapai 483.915, yaitu  429.550 santri mukim dan 54.365 tidak mukim.

"Ini menjadi modal kuat bagi kami para sukarelawan untuk terus mengenalkan Pak Ganjar dengan melakukan berbagai macam kegiatan yang bisa memberdayakan para santri untuk berkembang," tambah Yury.

Dia menjelaskan SDG Provinsi Banten akan terus berupaya untuk mengolaborasikan program-program unggulan Ganjar di Jawa Tengah ke dalam kegiatan para santri melalui relawan SDG tersebut.

Sukarelawan Santri Dukung Ganjar di Banten menggelar doa bersama dan merayakan Maulid Nabi Muhammad.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News