Saran DPR Atasi Kampus Terpapar Radikalisme

Saran DPR Atasi Kampus Terpapar Radikalisme
Reni Marlinawati. Foto: Dok. FPPP

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati mengatakan dalam mengatasi mahasiswa yang terpapar paham radikal harus dilakukan dengan cara simultan dan strategis.

Salah satunya memperbaiki proses di hulu dalam rekrutmen calon mahasiswa.

"Harus berangkat dengan memperbaiki hulu yakni proses rekrutmen calon mahasiswa," ujar Reni di gedung DPR, Senayan Jakarta, Selasa (2/6).

Reni mengatakan, momentum penerimaan mahasiswa baru seperti yang terjadi saat ini menjadi langkah awal untuk memastikan mereka memilik catatan yang baik.

Tidak sekadar soal catatan kelakuan baik serta nilai akademik saja, tetapi bagaimana dalam kegiatan keagamaan yang kerap menjadi pemicu paham radikalisme bersemai.

BACA JUGA: Please, Jangan Mudah Menuding Kampus Terpapar Radikalisme

Wakil ketua umum Partai Pesatuan Pembangunan (PPP) ini juga mendorong pihak perguruan tinggi untuk memastikan kegiatan di kampus.

Baik melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) maupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) agar dapat lebih aktif dalam mengembangkan kegiatan yang mendorong kreativitas dan inovasi yang berbasiskan moderasi.

Wakil Ketua Komisi X DPR Reni Marlinawati mengatakan dalam mengatasi mahasiswa yang terpapar paham radikal harus dilakukan dengan cara simultan dan strategis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News