Saran Menteri Nadiem untuk Meningkatkan AKM Siswa Peserta Asesmen Nasional, Sangat Mudah

Saran Menteri Nadiem untuk Meningkatkan AKM Siswa Peserta Asesmen Nasional, Sangat Mudah
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim memberikan saran bagi para sistwa peserta asesmen nasional (AN) untuk meningkatkan kompetensi minimumnya. 

Menurut Menteri Nadiem, untuk meningkatkan asesmen kompetensi minimum (AKM), siswa hanya perlu membaca buku, koran, dan majalah sebanyak-banyaknya.

"Jadi, satuan pendidikan jangan membebani siswanya membeli laptop untuk latihan asesmen kompetensi minimum yang merupakan salah satu bagian dari asesmen nasional," tutur Menteri Nadiem, Jumat (3/9).

Dia mengingatkan seluruh satuan pendidikan bahwa asesmen nasional merupakan pemetaan untuk melihat tren evaluasi pembelajaran dalam kurun waktu tertentu. 

Oleh karena itu, untuk meningkatkan AKM dalam hal literasi, peserta AN sebaiknya membaca buku, koran, majalah sebanyak-banyaknya. 

Untuk meningkatkan kompetensi numerasi, tidak ada jalan pintas selain meningkatkan kemampuan berpikir kritis murid-murid secara sistematis. 

"Itu semua butuh proses dan memang tidak dapat dibimbelkan,” ungkap Menteri Nadiem. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) dan Perbukuan Anindito Aditomo menambahkan Kemendikbudristek telah menyediakan informasi melalui laman https://pusmenjar.kemdikbud.go.id. 

menteri nadiem menyatakan untuk meningkatkan AKM siswa peserta asesmen nasional tidak perlu membeli laptop, cukup baca buku dan koran sebanyak-banyaknya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News