Saran Penting, Ahli Bagikan Kunci Agar Masker Maksimal Melindungi dari Omicron

Saran Penting, Ahli Bagikan Kunci Agar Masker Maksimal Melindungi dari Omicron
Ahli membagikan tips agar masker yang anda gunakan maksimal memberikan perlindungan dari Omicron. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Profesor kesehatan di Vanderbilt University School of Medicine William Schaffner MD menyebut strategi pencegahan Covid-19 seperti masker, vaksinasi, dan jarak sosial masih bisa memperlambat penularan Omicron.

Masker pun masih efektif mengurangi risiko tertular atau menyebarkan Covid-19, termasuk varian Omicron.

Hal itu juga diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDCO).

Dokter Schaffner mengatakan masker menjadi penghalang dan menyaring partikel virus dari udara yang kita hirup.

Namun, masyarakat tak boleh memakai masker asal-asalan. Pasalnya, masker bisa penghalang yang tidak sempurna karena kemungkinan beberapa partikel lolos dalam kasus penyebaran Omicron.

"Omicron menghasilkan lebih banyak virus, bahkan daripada Delta," kata Schaffner yang mengungkapkan beberapa penelitian telah menemukan varian terbaru ini menghasilkan 70 kali jumlah virus dibandingkan Delta.

Oleh karena itu, kata Dokter Schaffner agar masker efektif melindungi diri dari Covid-19, maka harus memenuhi kriteria.

Dia menyebut masker harus pas di sisi wajah sehingga tidak memiliki celah, memiliki kawat hidung untuk mencegah kebocoran udara dari atas, tidak boleh memiliki katup atau ventilasi pernafasan yang memungkinkan partikel virus keluar.

Profesor kesehatan di Vanderbilt University School of Medicine William Schaffner MD membagikan tips agar masker yang anda gunakan maksimal memberikan perlindungan dari Omicron.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News