Sarankan KPU Terapkan E-Count

Untuk Tekan Reduksi Suara di KPUD

Sarankan KPU Terapkan E-Count
Sarankan KPU Terapkan E-Count

jpnn.com - JAKARTA - Anggota DPR, TB Ace Hasan Syadzily menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sulit bida diharapkan bisa bekerja secara baik dan fair, tanpa dukungan sistem pemilu yang menutup peluang penyelenggara pemilu berlaku curang. Sebab, predikat independen yang selama ini disandang KPUD tetap tak bisa membendung tekanan yang juga datang dari birokrasi daerah.

"Makanya, yang penting adalah membuat sistem agar KPUD tak nakal di samping mengontrol penyelenggaraan pemilu yang tidak bisa berbuat curang,“ kata Ace di gedung DPD, Senayan Jakarta, Jumat (26/7).

Salah satu yang disoroti Ace adalah proses penghitungan suara. Menurutnya, sudah saatnya menggunakan teknologi informasi (TI) e-count di Tempat Penghitungan Suara (TPS).

Dengan TI e-count, katanya, formulir C1 bisa langsung dikirim ke pusat. Proses e-count pun diyakini bisa menjamin keutuhan suara di setiap tahap penghitungan. "Dengan e-count diharapkan bisa mengatasi reduksi atau penyimpangan suara," sarannya. (fas/jpnn)

 

JAKARTA - Anggota DPR, TB Ace Hasan Syadzily menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) sulit bida diharapkan bisa bekerja secara baik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News