Satgas Covid-19: Pemerintah Pusat Siap Bantu Daerah Mengadakan Fasilitas Isolasi Mandiri

Satgas Covid-19: Pemerintah Pusat Siap Bantu Daerah Mengadakan Fasilitas Isolasi Mandiri
Wiku Adisasmito. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan pemerintah pusat akan melakukan desentralisasi pembiayaan isolasi mandiri secara bertahap ke daerah.

Keputusan itu itu diambil melalui kesepakatan antarkementerian, lembaga negara, bersama jajaran pemerintah daerah untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Awalnya, pembiayaan isolasi dilakukan tersentral oleh pemerintah pusat, tetapi ke depan sebagian kewenangan itu akan dilimpahkan ke daerah-daerah.

"Hal ini menimbang upaya penanganan Covid-19 terbaik sesuai dengan tantangan yang dari setiap daerah dapat disesuaikan secara lebih efektif," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Rabu (9/6).

Wiku juga menyampaikan bahwa pemerintah pusat melalui Satgas Covid-19 akan siap membantu pelaksanaannya.

Pemerintah daerah yang mengalami kendala, khususnya pada pengadaan fasilitas isolasi maupun karantina mandiri bisa memanfaatkan forum komunikasi bersama pemerintah pusat akan dicarikan jalan keluarnya secara bersama-sama.

Di samping itu, kata Wiku, pemerintah pusat senantiasa akan melakukan tindakan cepat dengan melakukan koordinasi dan memberi bantuan.

Bantuan tersebut diberikan untuk mempermudah daerah mengendalikan kasus yang sedang tinggi. Seperti mengonversi tempat tidur untuk pelayanan kesehatan, maupun intensifikasi pelaksanaan PPKM mikro dengan pengetanan protokol kesehatan. (tan/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Satgas Penanganan Covid-19 mendorong pemerintah daerah membuka fasilitas isolasi dan karantina mandiri.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News