Satgas Covid-19 Prediksi Kenaikan Kasus Keluar Jawa-Bali, Waspada!

Satgas Covid-19 Prediksi Kenaikan Kasus Keluar Jawa-Bali, Waspada!
Ilustrasi varian omicron. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 memproduksi kenaikan kasus corona akan menyebar keluar Jawa-Bali.

Satgas meminta seluruh elemen mewaspadai pada proporsi kasus nasional terjadi pergeseran ke provinsi-provinsi di luar wilayah Jawa-Bali itu.

Satgas juga mengkhawatirkan kenaikan kasus saat ini bisa berdampak pada peningkatan keterisian tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) rumah sakit dan kematian pasien Covid-19.

"Perlu saya tekankan, saat ini kita perlu waspada secara menyeluruh sebab data menunjukkan telah terjadi pergeseran tren kasus ke provinsi luar Jawa-Bali," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito melalui BNPB di YouTube.

Sebelumnya, proporsi kasus nasional sangat didominasi provinsi-provinsi dari Jawa-Bali dengan persentase 95,34 persen.

Namun, angka ini semakin menurun dan kontribusi dari provinsi luar Jawa Bali meningkat dari 3-4 persen hingga mencapai 24 persen dari total kasus nasional. Kenaikannya pun lebih cepat dan signifikan.

Melihat kembali pada Januari lalu, kasus mingguan di luar Jawa-Bali berkisar 600 kasus, sekarang angkanya meningkat tajam menjadi 95 ribu kasus.

Menurut Wiku, kenaikan kasus dari sepuluh provinsi luar Jawa-Bali naik 100-300 kali lipat.

Satgas Penanganan Covid-19 memprediksi adanya lonjakan kasus di luar Jawa-Bali. Seluruh elemen harus mewaspadai kenaikan itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News