Satgas Covid-19 Tingkatkan Kapasitas 1.000 Sukarelawan Samarinda

Satgas Covid-19 Tingkatkan Kapasitas 1.000 Sukarelawan Samarinda
Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

jpnn.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 melalui Bidang Koordinasi Sukarelawan menggelar rangkaian kegiatan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas 1.000 Sukarelawan COVID-19 Wilayah Samarinda di Hotel Mercure Samarinda pada 11 hingga 17 September 2021.

Kegiatan ini dibuka dan dihadiri secara langsung oleh Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, Ketua BKR Satgas COVID-19 Andre Rahadian, Ketua Tim Koordinasi Destana Direktorat Kesiapsiagaan Firza Ghozalba, Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda, dan Kabupaten Kutai Kartanegara, serta Perwakilan FORKOPIMDA Kalimantan Timur lainnya.

“Kegiatan ini dimulai dari Pelatihan Supervisi Lokal, Praktik Mengajar Fasilitator, dan Penggalangan dan Peningkatan Kapasitas Relawan COVID-19 selama lima hari," kata Andre Rahadian.

"Dalam jangka waktu lima hari tersebut, setiap harinya akan dilakukan sesi pelatihan yang dibagi ke dalam empat kelas dengan jumlah peserta 25 orang dalam tiap kelasnya. Jadi total peserta program pelatihan sukarelawan berjumlah 1.000 orang dengan 200 sukarelawan yang mengikuti pelatihan tiap harinya,” imbuhnya.

Seribu sukarelawan peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan sukarelawan dari berbagai daerah, instansi pemerintahan, dan organisasi  kemasyarakatan mitra kebencanaan di Provinsi Kalimantan Timur.

Seluruh sukarelawan akan mendapatkan lima materi pelatihan yang terdiri dari Pencegahan, Penyebaran dan Kebijakan 3M, Gerakan 3T (tracing, treatment, testing), Sukarelawan, dan Kerelawanan, Teknik Berkomunikasi Efektif, dan Penggunaan Instrumen Monitoring Relawan.

Andre berpesan kepada para sukarelawan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik agar dapat mengaplikasikan seluruh materi yang didapatkan kepada anggota keluarga serta masyarakat di lingkungan tinggal masing-masing.

Dia berharap pelatihan ini membentuk 1.000 sukarelawan yang mampu menjadi agen perubahan perilaku yang membawa inspirasi dan harapan dalam penanganan COVID-19 di Wilayah Samarinda.

Seribu sukarelawan peserta yang mengikuti kegiatan ini merupakan perwakilan sukarelawan dari berbagai daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News