Satgas Covid-19 Tunjuk Pangdam Jaya Pimpin RS Darurat Wisma Atlet

Satgas Covid-19 Tunjuk Pangdam Jaya Pimpin RS Darurat Wisma Atlet
Pangdam Jaya Mayjen Eko Margiyono. Foto: Yogi Rachman/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Satgas COVID-19 menunjuk Pangdam Jaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Eko Margiyono untuk memimpin Rumah Sakit (RS) Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta yang difungsikan untuk menangani pasien positif Corona atau COVID-19.

"Saya mendapat tugas untuk memimpin Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet ini," kata Mayjen Eko seperti dikutip melalui siaran persnya, Sabtu (28/3).

Sebagai pemimpin Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Eko Margiyono akan bertanggung jawab pada operasional harian rumah sakit.

Sejak dibuka operasionalnya pada Senin (23/3), Rumah Sakit Wisma Atlet Kemayoran telah menampung 208 pasien positif COVID-19.

Jika jumlah pasien positif terus bertambah, pemerintah menyiapkan antisipasi dengan menyiagakan dua tower tambahan sebagai ruang perawatan. "Kalau skenario bertambah buruk, kita bisa gunakan skenario berikutnya, yaitu tower empat dan lima," kata Eko.

Pemerintah telah menyiagakan dua tower di Wisma Atlet sebagai lokasi khusus perawatan, yakni tower enam dan tower tujuh. Satu tower dikhususkan untuk tempat penginapan petugas kesehatan, relawan dan perawat serta satu tower lainnya menjadi pusat operasi satgas.

Eko mengatakan, RS Darurat Wisma Atlet terus meningkatkan fasilitas maupun sumber daya. "Peningkatan ini tetap dibutuhkan guna mengantisipasi jumlah pasien yang bisa terus bertambah," katanya.

Dari hasil simulasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta, ada banyak skenario dan skenario terburuknya bisa mencapai 6.000-8.000 pasien positif.

Sebagai pemimpin RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Mayjen Eko Margiyono akan bertanggung jawab pada operasional harian rumah sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News