Satgas Nemangkawi Akhirnya Tangkap Victor Yeimo Dalang Sejumlah Kerusuhan di Papua

Satgas Nemangkawi Akhirnya Tangkap Victor Yeimo Dalang Sejumlah Kerusuhan di Papua
Polisi memborgol pelaku. Foto/ilustrasi: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAYAPURA - Satgas Nemangkawi berhasil meringkus Victor Yeimo alias Victor Frederik Yeimo, salah satu buronan kasus kerusuhan di Papua pada 2019 silam. Victor ditangkap pada Minggu (9/5) malam di Jayapura, Papua.

“Satgas telah menangkap buronan aktor kerusuhan Papua 2019 Victor Yeimop pada pukul 19.15 WIT di Jayapura," ujar Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M Iqbal Al Qudussy kepada wartawan, Minggu (9/5/2021).

Perwira menengah ini menambahkan, Victor masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) sejak 2019 dengan sangkaan makar dan menyiarkan suatu berita dan atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di masyarakat.

“Sekarang tersangka Victor Yeimo sudah ditahan dan diperiksa di Polda Papua, Jayapura," kata Iqbal.

Diketahui bahwa Victor Yeimo diduga menjadi dalang yang memicu sejumlah kerusuhan di Papua pada 2019.

Atas penangkapan ini, Victor kemudian disangka dengan Pasal 106 juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 110 KUHP dan atau Pasal 14 ayat (1), (2) dan Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Baca Juga: Enam Orang Tinggal Satu Atap, Ya Ampun, Semua Doyan Berbuat Dosa, Lihat

Kemudian dikenakan juga dengan Pasal 66 UU Nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan dan atau Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 187 KUHP dan atau Pasal 365 KUHP dan atau Pasal 170 ayat (1) KUHP dan atau Pasal 2 UU Darurat Nomor 12 tahun 1951 juncto Pasal 64 KUHP. (cuy/jpnn)

Aparat kepolisian menangkap salah satu buronan kasus kerusuhan di Papua bernama Victor Yeimo. Dia ditangkap di Jayapura dan kini diperiksa di Polda Papua.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News