Satgas Sukarelawan Tingkatkan Kapasitas Layanan Dukungan Psikososial

Satgas Sukarelawan Tingkatkan Kapasitas Layanan Dukungan Psikososial
Ilustrasi. Foto: dari satgascovid19

jpnn.com, JAKARTA - Bidang Koordinasi Sukarelawan Satuan Tugas COVID-19 menggelar peningkatan kapasitas sukarelawan layanan dukungan psikososial (LDP) secara serentak di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sumatera Utara.

Kegiatan berlangsung selama enam hari (18-21 Oktober 2021), melibatkan 30 sukarelawan dari berbagai perwakilan organisasi kemasyarakatan, dinas kesehatan, dinas sosial, dan lembaga sosial.

“Kondisi kesehatan jiwa masyarakat yang terganggu selama masa pandemi adalah fenomena nyata yang harus segera disikapi. Aspek psikososial perlu mendapat perhatian, karena dampak jangka panjangnya dapat berpengaruh terhadap berbagai persoalan, khususnya tingkat produktivitas,"  kata Ketua BKR Satgas COVID-19 Andre Rahadian.

"Untuk itulah kehadiran sukarelawan layanan dukungan psikososial di tengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan dan menjadi dasar pelaksanaan kegiatan peningkatan kapasitas sukarelawan layanan dukungan psikososial (LDP)," imbuhnya.

Andre berharap kegiatan itu mampu membentuk sukarelawan LDP yang siap terjun mendampingi masyarakat kelompok rentan (lansia, anak, disabilitas, dll) dan tenaga kesehatan.

Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan secara offline selama enam hari melibatkan 30 orang sukarelawan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Tiga hari pertama seluruh sukarelawan mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dengan jumlah tujuh sesi materi yang disampaikan oleh narasumber yang mumpuni di bidangnya.

Ketujuh materi tersebut yaitu pengantar kerelawanan, protokol kesehatan dan seputar COVID-19, psikoedukasi, dukungan psikologi awal, layanan dukungan psikososial, pendampingan sosial, dan fungsi koordinasi (pelaporan).

Satgas Covid-19 menggelar peningkatan kapasitas sukarelawan layanan dukungan psikososial di Kaltim, Kalsel, dan Sumut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News