Satu Tahun Jokowi-JK, Kemenhub Baru Bangun 15 Bandara

Satu Tahun Jokowi-JK, Kemenhub Baru Bangun 15 Bandara
Preside Joko Widodo dan Wapres RI Jusuf Kalla. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kementerian Perhubungan sedang membangun sebanyak 15 bandara selama setahun terakhir masa kepemimpinan pemerintahan‎ Jokowi-JK.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menjelaskan, saat ini jumlah bandara di Indonesia sekitar 236 bandara, dimana 26 bandara menjadi kewenangan PT Angkasa Pura (AP) I dan AP II, sedangkan 30 bandara menjadi kewenangan UPT pemerintah daerah (pemda). Sementara sisanya sebanyak 180 bandara menjadi‎ kewenangan Kementerian Perhubungan.

“Sebanyak 15 bandara baru kami bangun, tapi ‎yang 236 tidak boleh dibiarkan. Kami ingin dalam lima tahun kualitasnya sama,” harap Jonan dalam acara Rembug Nasional Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK di Jakarta, Selasa (20/10).

Dari 15 bandara tersebut saat ini seluruhnya masih dalam proses pengerjaan. Dua di antaranya yakni Bandara Internasional Juwata di Tarakan dan Bandara Takengon, Aceh Tengah. Sedangkan Bandara Djalaluddin, Gorontalo dan Bandara Utarom Kaimana diharapkan bisa rampung tahun ini.

“Bandara Internasional Juwata mudah-mudahan sedikit lagi selesai. ‎Saya yakin, orang tidak pernah bayangkan kami mau bangun bandara seperti ini di Aceh Tengah, wilayah Takengon," tandas mantan dirut PT KAI ini.(chi/jpnn)


JAKARTA – Kementerian Perhubungan sedang membangun sebanyak 15 bandara selama setahun terakhir masa kepemimpinan pemerintahan‎ Jokowi-JK.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News