Sayang ya...Air Terjun Indah ini Belum Diurus

Sayang ya...Air Terjun Indah ini Belum Diurus
Air terjun Sarasah Siguntur. Foto: elfi Mahyuni/Padang Ekspres/JPG

jpnn.com - NAGARI Sigunturtuo, Pessel, Sumbar, memiliki banyak potensi pariwisata yang tidak kalah indahnya dengan lokasi wisata di daerah lainnya.

Elfi Mahyuni, Pessel

Pagi kemarin jam tangan baru menunjukkan pukul 06.00. Masyarakat Sigunturtuo telah memulai aktivitasnya meski kabut dan suhu udara dingin masih menyelimuti.

Rasa dingin itu tidak menjadi penghalang masyarakat beraktivitas guna meraih rezeki untuk keluarga mereka.

Kenagarian Sigunturtuo terletak di aliran Batang Tarusan dan sepanjang bukit barisan. Daerah ini memiliki potensi pertanian dan perkebunan sehingga masyarakatnya rata-rata menjadi petani dan buruh. Tanaman durian dan gambir menjadi andalan daerah ini.

Wali Nagari Sigunturtuo Jaidin kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group) menerangkan bahwa penduduk di nagarinya rata-rata hidup dari hasil buruh gampo (tanaman gambir). Dengan menjadi buruh di lahan milik orang lain, mereka mendapatkan upah untuk kehidupan keluarga.

Namun, sekarang kondisi masyarakat gampo tidak seperti dulu sejalan dengan mahalnya biaya produksi, perawatan dan nilai jual gambir yang cenderung turun. Pemilik lahan hanya membiarkan gambir mereka tidak dipanen. Ada pula yang mengalihfungsikan lahan mereka untuk ditumbuhi tanaman durian, jengkol dan lainnya.

“Sekarang ini masyarakat yang menjadi buruh tani gampo terpaksa menjadi buruh di daerah lainnya, di luar Kenagarian Sigunturtuo, padahal dulunya kenagarian ini daerah sentral tanaman gambir,” ujarnya.

NAGARI Sigunturtuo, Pessel, Sumbar, memiliki banyak potensi pariwisata yang tidak kalah indahnya dengan lokasi wisata di daerah lainnya. Elfi Mahyuni,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News