Sayap Kupu-Kupu dapat Tingkatkan Kualitas Pesawat

Sayap Kupu-Kupu dapat Tingkatkan Kualitas Pesawat
Sayap Kupu-Kupu dapat Tingkatkan Kualitas Pesawat
OHIO - Tekstur sayap kupu-kupu dan daun padi ternyata dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas produk teknologi tinggi seperti pesawat dan kapal. Pasalnya, design tekstur sayap kupu-kupu bisa meningkatkan aliran fluida dan meminimalisasi hambatan aliran di permukaan.

Berdasarkan hasil penelitian para insinyur di Ohio State University,  telah ditemukan, tekstur sayap kupu-kupu dan daun padi mampu meningkatkan aliran fluida dan mencegah permukaan dari debu. Penelitian yang menggunakan mikroskop elektron dan profiler optik itu untuk mempelajari sayap kupu-kupu Morpho biru raksasa (Morpho didius) dan daun dari tanaman padi Oriza sativa.

Karakteristik ini bisa diterapkan dalam meningkatkan kualitas pelbagai produk seperti aplikasi dalam teknologi tinggi seperti permukaan untuk pesawat dan perahu, jaringan pipa, dan peralatan medis. Sebagai contoh, para peneliti mampu membersihkan debu hingga 85 persen pada permukaan yang dilapisi plastik menyerupai tekstur sayap kupu-kupu.

"Alam telah berkembang sehingga menghasilkan design permukaan yang mampu mengurangi hambatan," kata Howard D. Winbigler Professor of mechanical engineering Ohio State seperti dikutip sciencedaily (8/11).

OHIO - Tekstur sayap kupu-kupu dan daun padi ternyata dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas produk teknologi tinggi seperti pesawat dan kapal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News