SBY Tetap Penentu Capres Demokrat

Pilih Sendiri Internal Tim Konvensi

SBY Tetap Penentu Capres Demokrat
SBY Tetap Penentu Capres Demokrat
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tetap akan menjadi penentu kandidat calon presiden yang akan diusung partainya pada Pilpres 2014. Tidak hanya memimpin langsung, ketua Majelis Tinggi PD tersebut juga yang akan menunjuk sendiri anggota tim seleksi dalam konvensi capres Demokrat.

Ketua DPP PD Sutan Bhatoegana mengungkapkan, selain melibatkan tim independen, konvensi akan melibatkan tim dari internal. Tim atau komite itulah yang nanti dipimpin SBY. "Pak SBY bilang, nanti timnya dipilih beliau langsung," kata Sutan di kompleks parlemen Jakarta, Jumat (31/5).

Rencananya Demokrat memulai tahap konvensi pada bulan ini. Yaitu, mulai menyusun mekanisme pelaksanaan konvensi. Selanjutnya, diagendakan pembentukan komite konvensi. Mereka yang akan mengundang calon atau memberikan ruang bagi para tokoh untuk mendaftar dalam konvensi yang menggunakan sistem semi terbuka itu. Proses tersebut dimulai pada Agustus 2013. "Belum ada tokoh yang menyatakan siap. Baru Pak Marzuki Alie yang sudah menyatakan kesiapannya," tandas Sutan.

Dia menambahkan, setiap tokoh yang akan mengikuti konvensi harus memiliki misi dan visi yang sama dengan Demokrat. Selain itu, mereka yang dinyatakan lolos tahap pertama pada sekitar Desember 2013 bakal diminta turut berkampanye di ajang pemilihan umum legislatif. Materinya, selain kampanye diri terkait dengan posisi kepresidenan, mereka harus mengampanyekan Demokrat.

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono tetap akan menjadi penentu kandidat calon presiden yang akan diusung partainya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News