SDM Lokal Dituntut Kuasai Berbahasa Asing

SDM Lokal Dituntut Kuasai Berbahasa Asing
SDM Lokal Dituntut Kuasai Berbahasa Asing
JAKARTA - Globalisasi dan pasar bebas membawa implikasi dalam penyediaan tenaga kerja. Selain ijazah formal, calon tenaga kerja juga harus memiliki kemampuan yang mumpuni di berbagai bidang, salah satunya kemampuan menguasai bahasa asing.

Menurut Chief Operating Officer International Test Center (ITC) Indonesia, Jenny Lee, dalam skala nasional, banyak perusahaan domestik yang mensyaratkan berbagai kualifikasi skill pelamarnya, termasuk juga dalam hal penguasaan bahasa. Bahkan, beberapa perusahaan asing maupun nasional saat ini mensyaratkan penyertaan sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang otentik. Hal ini juga penting karena kerjasama global dan perdagangan bebas saat ini sudah tak bisa dibendung.

"Jika kemampuan berbahasa Inggris kurang memadai, para calon pencari kerja bakal kalah bersaing di negeri sendiri,” ujarnya di Jakarta, Kamis  (11/10).

Dicontohkannya, BUMN seperti Pertamina juga mensyaratkan kepada calon tenaga kerjanya untuk memiliki kemampuan berbahasa asing. Salah satunya melalui sertifikasi Test of English for International Communication. Tes ini berstandar internasional untuk menguji kemampuan berkomunikasi dalam bahasa inggris yang dimiliki seorang pelamar. Di sisi lain, munculnya kerja sama internasional yang terus berkembang dewasa ini mengakibatkan batas negara bukan lagi halangan untuk melakukan perdagangan dan memperoleh tenaga kerja. Karenanya, sangat penting upaya meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

JAKARTA - Globalisasi dan pasar bebas membawa implikasi dalam penyediaan tenaga kerja. Selain ijazah formal, calon tenaga kerja juga harus memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News