Sebar 1,5 Juta Masker Selama Kabut Asap Karhutla di Riau

Sebar 1,5 Juta Masker Selama Kabut Asap Karhutla di Riau
Asap karhutla menyelimuti jalan lintas sumatera rute Pekanbaru - Padang di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau. Foto : ANTARA/FB Anggoro

jpnn.com, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyatakan telah menyebar sebanyak 1,5 juta masker ke masyarakat yang terdampak kabut asap akibat karhutla sepanjang 2019 ini.

Angka itu berpotensi lebih banyak mengingat sejumlah Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota juga melakukan pengadaan dan pendistribusian masker secara mandiri kepada masyarakat.

"Masker kita sudah distribusikan 1,5 juta sejak Juli kemarin sampai sekarang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir  di Pekanbaru, Rabu.

Dia menjelaskan sebaran masker kepada masyarakat tersebut mulai meningkat sejak Juli 2019 lalu, saat kabut asap karhutla mulai menyelimuti Bumi Lancang Kuning.

Permintaan masker juga semakin meningkat seiring kualitas udara di wilayah itu terus memburuk bahkan menyentuh level berbahaya.

 "Jadi masker itu memang laris manis dengan kondisi seperti ini," ujarnya.

Mimi juga berpesan kepada masyarakat agar tidak terlalu mempermasalahkan jenis masker yang dibagi dan digunakan oleh masyarakat.

Menurut dia, hal utama yang harus diingat adalah melindungi diri terlebih dahulu dari kualitas udara yang buruk.

Permintaan masker juga semakin meningkat seiring kualitas udara yang memburuk karena asap karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News