Sebar Jejaring Bisnis Perikanan

Sebar Jejaring Bisnis Perikanan
Sebar Jejaring Bisnis Perikanan
JAKARTA - Pelaku wirausaha perikanan diminta meningkatkan nilai tawar produk perikanan Indonesia yang kuat di pasar dunia, terutama menghadapi tantangan persaingan global. ’’Terbentuknya komunitas wirausaha yang terdidik akan membentuk jejaring bisnis perikanan yang solid,’’ kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo saat temu bisnis alumni pendidikan kelautan dan perikanan, Jumat (9/12)

Pria yang akrab disapa Cicip tersebut mengatakan, karena dari komunitas yang berlatar belakang serupa berpotensi menjadi kelompok yang memainkan peran penting serta memelopori perubahan. ’’Pelaku wirausaha yang mampu memelopori perubahan atau agent of change dipastikan akan dapat menjalankan kegiatan usaha dengan melakukan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang bijaksana, sehingga tidak hanya bermanfaat secara ekonomi tapi juga bagi lingkungan,’’ ujarnya.

Menurutnya, pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan saat ini hanya memperhatikan aspek ekonominya, namun kurang memperhatikan aspek lingkungan. Padahal dengan memperhatikan aspek lingkungan secara langsung dapat bermanfaat secara ekonomi sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Baca Juga:
’’Komunitas pelaku wirausaha diharapkan memiliki persepsi yang sama dalam menjalankan usahanya yakni secara bijaksana, cerdas, berwawasan lingkungan, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya perikanan sehingga dapat memberikan manfaat esecara ekonomi, sosial, dan lingkungan,’’ paparnya.

JAKARTA - Pelaku wirausaha perikanan diminta meningkatkan nilai tawar produk perikanan Indonesia yang kuat di pasar dunia, terutama menghadapi tantangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News