Sebarkan Semangat Rahmatan Lil Alamin di Perguruan Tinggi

Sebarkan Semangat Rahmatan Lil Alamin di Perguruan Tinggi
Menristek Mohamad Nasir saat berkunjung ke Unmul yang menjalankan program Kampus Nusantara Mengaji, Jumat (29/9). Foto: Humas Kemenristek for JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek) Mohamad Nasir meminta semangat Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin harus disebar di perguruan tinggi.

Sebagai bangsa yang berlandaskan Pancasila, penerapan nilai-nilai agama di dunia pendidikan merupakan perwujudan dari sila pertama Pancasila.

Salah satu bentuk penerapan nilai-nilai agama di perguruan tinggi adalah dilaksanakannya Kampus Nusantara Mengaji di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Islam sebenarnya adalah agama pembawa rahmat bagi alam semesta, rahmatan lil alamin, agama yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, keadilan dan kedamaian,” ujar Nasir saat berkunjung ke Universitas Mulawarman (Unmul) yang menjalankan program Kampus Nusantara Mengaji, Jumat (29/9).

Unmul menyelenggarakan Khataman Alquran bersama 55 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia bertempat di Mesjid Al-Ma'ruf, Samarinda.

Menteri Nasir menyambut baik penyelenggaraan Kampus Nusantara Mengaji di Unmul.

Nasir mengatakan bahwa perguruan tinggi merupakan salah satu sumber lahirnya cendikiawan di bidang ilmu pengetahuan dan agama di Indonesia.

"Saya minta civitas akademika di perguruan tinggi untuk senantiasa mengajarkan dan berbagi nilai-nilai agama yang penuh kasih, toleransi dan membawa pesan kedamaian bagi sesama. Bukan nilai-nilai yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa," imbuhnya. (esy/jpnn)


Salah satu bentuk penerapan nilai-nilai agama di perguruan tinggi adalah dilaksanakannya Kampus Nusantara Mengaji.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News